JANGAN LUPA HADIR YA... GRATIS
KOPDAR SILATURAHIM BLOGKAR
Minggu, 24 Mei 2015 Jam 11:00
Markas Blogger Karawang
Ruko Arcadia Blok D-27
(dekat Pasar Bersih Galuh Mas)
Home » , , » Memasarkan sebuah bisnis tidak sekedar mencari pelanggan baru

Memasarkan sebuah bisnis tidak sekedar mencari pelanggan baru

Mendapatkan pelanggan baru, lalu bisnispun berputar. Ini adalah gambaran umum bagaimana bisnis terjadi dan ini merupakan hal yang pertama kali dilakukan ketika bisnis baru dimulai. Bagi kebanyakan orang, bertahan dalam bisnis yang mereka pilih bukanlah hal sulit. Ketika pelanggan membutuhkan, maka bisnis pun dimulai, dan pekerjaan berlangsung hingga uang pun didapat. Demikianlah roda bisnis berputar hingga bagian pemasaran dari bisnis tersebut mendapatkan pelanggan baru, atau pelanggan yang menemukan anda!

Demikianlah proses sebuah bisnis. Itu saja? Tidak. Sebab bisnis tidak sekedar bagaimana mendapatkan pelanggan lalu mendapatkan uang. Ada proses yang lain.

Banyak pelaku bisnis melakukan kesalahan dengan mengabaikan proses bisnis ini. Tidak banyak pelaku usaha menyadari hal ini, sebagian besar mereka hanya memahami bahwa pemasaran adalah hal paling ter penting untuk mengembangkan usaha. Banyak orang hanya mengetahui bahwa mendapatkan pelanggan baru sebagai sebuah tujuan dari pemasaran sebuah bisnis. Tidak lebih.


Mendapatkan pelanggan baru tentu saja salah satu aspek pemasaran. Akan tetapi  sebuah usaha mestinya mencakup lebih dari sekedar mendapatkan pelanggan baru. Pencitraan adalah bagian dari pemasaran sebuah usaha. Penjualan juga merupakan bagian dari usaha. Selain itu hal-hal pendukung usaha seperti akuntasi dan pembukuan juga bagian integral dari pemasaran sebuah usaha.

Pada kenyataannya, memasarkan sebuah usaha adalah bagaimana membuat sebuah citra (brand) bagi usaha tersebut. Dan pencitraan (branding) adalah masalah yang sangat serius. Sekali berbisnis, bisnis apapun akan dimulai dengan membangun sebuah reputasi, begitu reputasi didapat maka pelanggan akan mendatangi anda seperti serangga mengerubungi lampu pada malam hari. Karena itu, tidak perlu anda bersusah payah mendatangkan pelanggan jika anda bisa memainkan reputasi anda dengan benar! Konsentrasikan pada kompetensi anda dan pelanggan akan beralih pada anda.

Sebelum anda menganggap bahwa marketing itu mudah, sehandal apapun anda harus menyadari bahwa memasarkan sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Marketing membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menekuninya, memerlukan kesabaran dan konsistensi, ketabahan dan kemampuan yang terdedikasi, bahkan sebelum seseorang mulai membangun reputasi.

Setiap langkah pasti akan ada kesulitan, dan setiap kesulitan yang menghadang dalam dunia marketing tidak akan pernah berakhir meski reputasi telah terbangun. Reputasi harus dipertahankan, dari situlah keuntungan bisa diraup.

Karenanya ketika nanti anda berpikir untuk memulai bisnis anda sendiri, buatlah sebuah perencanaan pemasaran dengan serius. Setelah itu anda perlu berpikir melalui proses-proses penting yang dimaksud pada tulisan ini.

--------------------------
Salam, masbadar, online marketing of ayuprint. For english: >>click here<<

0 comments:

Posting Komentar

Gabung !



Ayo, Gabung di group forum FB Blogger Karawang !